Sabtu, 13 Mei 2023

HARGA DIRI MENJADI SALAH SATU KOMPONEN YANG DAPAT MEMBENTUK SUATU KONSEP DIRI MANUSIA

 


Harga diri merupakan evaluasi positif atau negatif yang dilakukan oleh seseorang terhadap dirinya sendiri. Konsep diri seseorang, pada dasarnya, merupakan persepsi individu tentang dirinya sendiri yang terbentuk melalui interaksi dengan lingkungan sekitarnya. Salah satu komponen penting dalam membentuk konsep diri adalah harga diri.

Harga diri yang tinggi dapat membantu seseorang untuk merasa lebih percaya diri, bahagia, dan mampu mengatasi berbagai tantangan hidup. Sebaliknya, harga diri yang rendah dapat menyebabkan seseorang merasa tidak berarti, meragukan kemampuan diri sendiri, dan cenderung menghindari tantangan hidup.

Ada beberapa teori yang dapat menjelaskan mengapa harga diri menjadi salah satu komponen yang dapat membentuk suatu konsep diri manusia, diantaranya:

  1. Teori Self-Esteem (Harga Diri)

Menurut teori self-esteem, harga diri merupakan penilaian individu terhadap kemampuan dan keberhasilannya dalam mencapai tujuan hidupnya. Dalam teori ini, harga diri dilihat sebagai kebutuhan dasar manusia yang harus dipenuhi agar seseorang merasa puas dan bahagia dengan dirinya sendiri.

  1. Teori Self-Verification (Pengesahan Diri)

Teori self-verification menjelaskan bahwa seseorang cenderung mencari pengesahan dari orang lain terhadap gambaran dirinya yang sudah ada dalam konsep dirinya. Jika pengesahan tersebut positif, maka harga diri seseorang akan meningkat, dan sebaliknya jika pengesahan tersebut negatif, maka harga diri seseorang akan menurun.

  1. Teori Self-Consistency (Keselarasan Diri)

Teori self-consistency menjelaskan bahwa konsep diri seseorang terdiri dari berbagai aspek dan informasi tentang diri sendiri yang disimpan dalam memori. Harga diri seseorang akan meningkat ketika informasi yang ada tentang dirinya konsisten dan sesuai dengan konsep dirinya. Sebaliknya, jika ada informasi yang tidak sesuai dengan konsep dirinya, maka harga diri seseorang akan menurun.

Contoh dari pengaruh harga diri terhadap konsep diri seseorang adalah ketika seseorang merasa puas dengan kemampuan dan prestasinya dalam pekerjaan, maka harga dirinya akan meningkat, sehingga konsep dirinya sebagai seorang pekerja juga akan meningkat. Sebaliknya, jika seseorang merasa gagal dalam pekerjaannya, harga dirinya akan menurun, dan konsep dirinya sebagai seorang pekerja juga akan menurun.

 

Tidak ada komentar:

Setting Blangko Undangan BU-03 (Be You)

Blangko ini dengan ciri sebagai berikut: bahan : BC 150 gram isi 100 pcs PAS!! tidak kurang atau lebih seperti blangko yang lain jenis...