Teori
Elaboration Likelihood Model (ELM) adalah salah satu teori persuasi yang
populer dan digunakan dalam studi komunikasi sosial. Teori ini menekankan pada
bagaimana orang memproses informasi dan memutuskan sikap mereka dalam merespons
pesan persuasif.
ELM membagi
jalur pemrosesan informasi menjadi dua: jalur utama (central route) dan jalur
pinggiran (peripheral route).
Jalur Utama
(Central Route) Jalur utama adalah jalur pemrosesan informasi yang menggunakan
pemikiran yang lebih rasional dan dipengaruhi oleh konten pesan itu sendiri.
Jalur ini digunakan ketika audiens sangat tertarik pada topik yang dibahas dan
memiliki pengetahuan yang cukup tentang topik tersebut. Dalam jalur utama,
audiens akan memproses pesan secara hati-hati dan berpikir kritis tentang
argumen yang disajikan dalam pesan tersebut. Jika argumen dalam pesan persuasif
dianggap kuat dan meyakinkan, maka audiens akan mengubah sikap mereka sesuai
dengan pesan tersebut.
Jalur
Pinggiran (Peripheral Route) Jalur pinggiran, di sisi lain, adalah jalur
pemrosesan informasi yang lebih dangkal dan dipengaruhi oleh faktor-faktor
eksternal seperti karakteristik pengirim pesan, gaya bahasa, atau keadaan
emosional audiens. Jalur ini digunakan ketika audiens kurang tertarik pada
topik yang dibahas dan tidak memiliki pengetahuan yang cukup tentang topik
tersebut. Dalam jalur pinggiran, audiens akan memproses pesan secara singkat
dan menggunakan aturan-aturan heuristik (pemendekan pikiran) untuk mengambil
kesimpulan tentang pesan tersebut. Jika faktor-faktor eksternal seperti
kepercayaan pada pengirim pesan atau kesan visual yang kuat cukup mempengaruhi
audiens, maka mereka akan mengubah sikap mereka sesuai dengan pesan tersebut.
Dalam
kesimpulannya, jalur utama dan jalur pinggiran pada teori ELM menunjukkan bahwa
cara audiens memproses informasi dapat mempengaruhi keputusan mereka dalam
merespons pesan persuasif. Oleh karena itu, penting untuk mempertimbangkan
faktor-faktor yang dapat mempengaruhi pemrosesan informasi ketika merancang
pesan persuasif.
- Petty,
R. E., & Cacioppo, J. T. (1986). Communication and persuasion: Central
and peripheral routes to attitude change. Springer Science & Business
Media.
- AlbarracĂn,
D., Johnson, B. T., & Zanna, M. P. (Eds.). (2005). The handbook of
attitudes. Psychology Press.
- Eagly,
A. H., & Chaiken, S. (1993). The psychology of attitudes. Harcourt
Brace Jovanovich College Publishers.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar