Sabtu, 13 Mei 2023

BAGAIMANA MEMORI DALAM TUBUH MANUSIA BEKERJA?

 

Ada beberapa teori yang menjelaskan bagaimana memori bekerja dalam tubuh manusia, di antaranya adalah:

  1. Teori Sumber Daya Cognitif (Cognitive Resource Theory) Teori ini mengemukakan bahwa setiap orang memiliki jumlah sumber daya kognitif yang terbatas untuk digunakan dalam memproses informasi dan melakukan tugas-tugas kognitif. Jika seseorang menggunakan terlalu banyak sumber daya kognitif untuk satu tugas, maka sumber daya kognitif yang tersedia untuk tugas-tugas lain akan berkurang. Oleh karena itu, jika seseorang ingin mengingat suatu informasi, maka ia harus mengalokasikan sebagian sumber daya kognitifnya untuk menyimpan informasi tersebut dalam memori jangka panjang.

Contohnya, ketika seseorang sedang belajar untuk ujian, ia harus fokus dan tidak terlalu banyak terganggu oleh hal-hal lain agar dapat memperoleh informasi yang cukup dan menyimpannya dalam memori jangka panjang.

  1. Teori Pengkodean Proses Tugas (Levels of Processing Theory) Teori ini mengemukakan bahwa informasi yang diingat oleh seseorang tergantung pada seberapa dalam informasi tersebut diproses. Jika seseorang memproses informasi secara mendalam, maka ia akan lebih mudah mengingat informasi tersebut dibandingkan jika ia hanya memproses informasi secara dangkal.

Contohnya, ketika seseorang ingin mengingat nama seseorang yang baru dikenal, ia dapat mengulang nama tersebut beberapa kali atau mencoba menghubungkan nama tersebut dengan hal-hal yang sudah dikenal sebelumnya.

  1. Teori Konsolidasi Memori (Memory Consolidation Theory) Teori ini mengemukakan bahwa memori yang baru saja dipelajari masih lemah dan rentan terhadap gangguan atau lupa. Namun, setelah waktu tertentu, memori tersebut akan semakin stabil dan sulit terhapus.

Contohnya, ketika seseorang belajar bermain piano, ia mungkin tidak dapat langsung memainkan lagu secara sempurna setelah pertama kali belajar. Namun, jika ia terus berlatih dan memberikan waktu yang cukup untuk memori tersebut berkonsolidasi, maka ia akan semakin mahir dalam memainkan lagu tersebut.

 

Tidak ada komentar:

Setting Blangko Undangan BU-03 (Be You)

Blangko ini dengan ciri sebagai berikut: bahan : BC 150 gram isi 100 pcs PAS!! tidak kurang atau lebih seperti blangko yang lain jenis...