Sabtu, 29 April 2023

PROSES SENSASI DAN PROSES PERSEPSI.

 

PROSES SENSASI DAN PROSES PERSEPSI.

Proses sensasi dan persepsi terjadi ketika seseorang menerima dan mengolah informasi dari lingkungan sekitar melalui panca indera. Berikut adalah penjelasan singkat mengenai keduanya:

Proses Sensasi Proses sensasi adalah proses penerimaan informasi melalui panca indera, seperti penglihatan, pendengaran, penciuman, perabaan, dan pengecapan. Ketika stimulus dari lingkungan sekitar masuk ke panca indera, maka akan menghasilkan sensasi yang kemudian diteruskan ke otak untuk diolah. Contohnya, ketika seseorang melihat warna biru pada langit, maka mata akan menerima stimulus warna biru dan menghasilkan sensasi yang diteruskan ke otak untuk diolah.

Proses Persepsi Proses persepsi adalah proses pengolahan informasi yang diterima melalui sensasi, sehingga dapat diinterpretasikan dan diberi makna. Proses ini melibatkan beberapa tahapan, seperti pengelompokan, pemilihan, dan interpretasi informasi yang diterima. Dalam tahap pengelompokan, informasi yang diterima akan dikelompokkan berdasarkan kesamaan atau perbedaan dengan informasi lain yang sudah ada di dalam ingatan seseorang. Kemudian, dalam tahap pemilihan, seseorang akan memilih informasi yang paling relevan atau penting untuk diproses lebih lanjut. Selanjutnya, dalam tahap interpretasi, seseorang akan memberikan makna atau penjelasan pada informasi yang diterima berdasarkan pengalaman, kepercayaan, dan pengetahuan yang dimiliki.

Contohnya, ketika seseorang melihat seekor kucing, maka informasi tentang warna, bentuk, dan gerakan kucing akan diterima melalui panca indera dan dihasilkan sensasi. Selanjutnya, informasi ini akan diproses dalam tahap pengelompokan, pemilihan, dan interpretasi, sehingga seseorang akan mengenali bahwa itu adalah seekor kucing, berukuran kecil, berbulu lebat, dan sedang berjalan.

Tidak ada komentar:

Setting Blangko Undangan BU-03 (Be You)

Blangko ini dengan ciri sebagai berikut: bahan : BC 150 gram isi 100 pcs PAS!! tidak kurang atau lebih seperti blangko yang lain jenis...