Minggu, 14 Mei 2023

Teori Komunikasi Massa

Teori Komunikasi Massa

Teori Komunikasi Massa yang berfokus pada tiga aspek utama yaitu media, efek, dan khalayak atau audience. Berikut penjelasannya:

  1. Media: Teori Komunikasi Massa memandang media sebagai penyampai pesan dan pemroses informasi kepada khalayak. Teori ini mengkaji berbagai media massa seperti televisi, radio, surat kabar, majalah, dan internet, serta bagaimana pesan-pesan yang disampaikan melalui media ini memengaruhi khalayak.
  2. Efek: Teori Komunikasi Massa juga menekankan pada efek-efek yang dihasilkan oleh pesan-pesan yang disampaikan melalui media massa. Dalam konteks ini, teori ini mengkaji bagaimana pesan-pesan tersebut dapat memengaruhi pemikiran, sikap, dan perilaku khalayak.
  3. Khalayak atau Audience: Teori Komunikasi Massa juga menitikberatkan pada khalayak sebagai penerima pesan dari media massa. Dalam hal ini, teori ini mengkaji bagaimana khalayak memahami, merespon, dan bereaksi terhadap pesan-pesan yang disampaikan melalui media massa.

Contoh penerapan Teori Komunikasi Massa dalam kehidupan sehari-hari antara lain ketika kita menonton berita di televisi dan merespons dengan cara membicarakan berita tersebut dengan teman atau keluarga. Selain itu, ketika kita membaca artikel di surat kabar atau majalah dan merespons dengan memberikan tanggapan atau komentar di media sosial, itu juga merupakan contoh penerapan Teori Komunikasi Massa.

Tidak ada komentar:

Setting Blangko Undangan BU-03 (Be You)

Blangko ini dengan ciri sebagai berikut: bahan : BC 150 gram isi 100 pcs PAS!! tidak kurang atau lebih seperti blangko yang lain jenis...