Minggu, 14 Mei 2023

KARAKTERISTIK KOMUNIKASI MASSA DAN CONTOHNYA


  1. Karakteristik komunikasi massa yang perlu dipahami antara lain:

·         Bersifat satu arah: Komunikasi massa memiliki sifat pengiriman pesan dari satu pihak ke banyak pihak. Para penerima pesan tidak dapat memberikan respons secara langsung kepada pengirim pesan.

·         Terdistribusi melalui saluran media: Komunikasi massa menggunakan media massa seperti televisi, radio, surat kabar, majalah, dan internet sebagai saluran penyebarannya.

·         Tidak personal: Komunikasi massa tidak mempertimbangkan karakteristik individu penerima pesan. Sehingga pesan yang sama akan diterima oleh banyak orang yang memiliki latar belakang dan karakteristik yang berbeda.

·         Mempengaruhi budaya: Pesan yang disampaikan dalam komunikasi massa dapat mempengaruhi budaya dan pola pikir masyarakat yang menerimanya.

  1. Berikut beberapa contoh karakteristik komunikasi massa:

·         Pada acara berita di televisi, seorang presenter atau pembaca berita akan memberikan informasi secara satu arah kepada banyak penonton.

·         Iklan di surat kabar atau majalah yang menampilkan produk secara gamblang dan mengajak masyarakat untuk membelinya.

·         Pesan yang disampaikan dalam acara televisi atau film dapat mempengaruhi persepsi dan pandangan masyarakat terhadap suatu isu atau topik tertentu.

·         Media sosial seperti Instagram, Facebook, dan Twitter yang memungkinkan orang untuk menyebarkan pesan atau informasi secara cepat dan luas kepada banyak orang.

Tidak ada komentar:

Setting Blangko Undangan BU-03 (Be You)

Blangko ini dengan ciri sebagai berikut: bahan : BC 150 gram isi 100 pcs PAS!! tidak kurang atau lebih seperti blangko yang lain jenis...