- Karakteristik komunikasi massa yang
perlu dipahami antara lain:
·
Bersifat satu arah: Komunikasi massa
memiliki sifat pengiriman pesan dari satu pihak ke banyak pihak. Para penerima
pesan tidak dapat memberikan respons secara langsung kepada pengirim pesan.
·
Terdistribusi melalui saluran media:
Komunikasi massa menggunakan media massa seperti televisi, radio, surat kabar,
majalah, dan internet sebagai saluran penyebarannya.
·
Tidak personal: Komunikasi massa tidak
mempertimbangkan karakteristik individu penerima pesan. Sehingga pesan yang
sama akan diterima oleh banyak orang yang memiliki latar belakang dan
karakteristik yang berbeda.
·
Mempengaruhi budaya: Pesan yang
disampaikan dalam komunikasi massa dapat mempengaruhi budaya dan pola pikir
masyarakat yang menerimanya.
- Berikut beberapa contoh karakteristik
komunikasi massa:
·
Pada acara berita di televisi, seorang
presenter atau pembaca berita akan memberikan informasi secara satu arah kepada
banyak penonton.
·
Iklan di surat kabar atau majalah yang
menampilkan produk secara gamblang dan mengajak masyarakat untuk membelinya.
·
Pesan yang disampaikan dalam acara
televisi atau film dapat mempengaruhi persepsi dan pandangan masyarakat
terhadap suatu isu atau topik tertentu.
·
Media sosial seperti Instagram, Facebook,
dan Twitter yang memungkinkan orang untuk menyebarkan pesan atau informasi
secara cepat dan luas kepada banyak orang.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar