Minggu, 14 Mei 2023

TEORI AGENDA SETTING


Teori Agenda Setting merupakan teori komunikasi massa yang mengemukakan bahwa media massa memiliki kemampuan untuk menentukan apa yang menjadi perhatian atau agenda publik. Pokok-pokok pemikiran yang terdapat dalam teori Agenda Setting adalah sebagai berikut:

  1. Media massa mempengaruhi perhatian publik: Media massa memiliki kemampuan untuk menentukan topik atau isu yang dianggap penting oleh masyarakat. Media massa memilih dan menempatkan suatu topik dalam pemberitaan sehingga membuat publik lebih memperhatikan topik tersebut.
  2. Efek pembentukan agenda: Media massa tidak hanya mempengaruhi apa yang dipikirkan oleh publik, tetapi juga cara bagaimana publik memikirkannya. Media massa dapat membentuk persepsi, sikap, dan perilaku publik dengan memilih dan menempatkan topik dalam pemberitaan.
  3. Pemberitaan yang sering dan konsisten: Media massa harus memberikan pemberitaan yang sering dan konsisten mengenai suatu topik agar dapat membentuk agenda publik. Semakin sering dan konsisten suatu topik muncul dalam pemberitaan, semakin besar kemungkinan topik tersebut menjadi perhatian publik.
  4. Konteks sosial dan politik: Konteks sosial dan politik juga mempengaruhi agenda-setting oleh media massa. Isu-isu yang berkaitan dengan kepentingan sosial dan politik memiliki kemungkinan lebih besar untuk menjadi agenda publik karena memiliki pengaruh yang besar terhadap masyarakat.

Contoh penerapan teori Agenda Setting adalah ketika media massa menempatkan isu lingkungan hidup sebagai topik utama dalam pemberitaan, maka masyarakat akan lebih memperhatikan isu tersebut dan dapat mempengaruhi sikap dan perilaku masyarakat terkait lingkungan hidup.

 

Tidak ada komentar:

Setting Blangko Undangan BU-03 (Be You)

Blangko ini dengan ciri sebagai berikut: bahan : BC 150 gram isi 100 pcs PAS!! tidak kurang atau lebih seperti blangko yang lain jenis...