Minggu, 14 Mei 2023

DIFUSI INOVASI


Roger M. dalam teorinya tentang Difusi Inovasi, mengidentifikasi lima syarat yang harus dipenuhi agar proses difusi inovasi dapat berhasil dilakukan, yaitu:

  1. Komunikasi: Difusi inovasi membutuhkan adanya komunikasi yang terus-menerus untuk mempromosikan ide atau produk baru yang ingin diperkenalkan. Komunikasi yang efektif dapat membantu mengubah perilaku dan membantu orang memahami nilai dan manfaat inovasi.
  2. Kelebihan relatif: Inovasi harus dianggap memiliki kelebihan dibandingkan dengan solusi atau produk yang sudah ada. Kelebihan tersebut dapat meliputi efektivitas, efisiensi, biaya yang lebih rendah, atau fitur-fitur baru yang tidak tersedia sebelumnya.
  3. Kompatibilitas: Inovasi harus kompatibel dengan nilai-nilai, kepercayaan, dan pengalaman orang-orang yang akan menggunakannya. Hal ini memungkinkan inovasi tersebut untuk diterima dan diadopsi dengan lebih mudah.
  4. Kompleksitas: Inovasi yang kompleks atau sulit dipahami oleh orang awam akan sulit diterima dan diadopsi. Oleh karena itu, inovasi harus mudah dipahami dan digunakan oleh orang-orang yang akan menggunakannya.
  5. Uji coba: Orang-orang harus dapat mencoba inovasi secara langsung sebelum memutuskan untuk mengadopsinya secara penuh. Uji coba ini membantu mengurangi ketidakpastian dan memberikan kesempatan bagi orang-orang untuk mengalami manfaat dari inovasi tersebut.

Dengan memenuhi syarat-syarat di atas, proses difusi inovasi dapat berjalan dengan lebih efektif dan berhasil.

Tidak ada komentar:

Setting Blangko Undangan BU-03 (Be You)

Blangko ini dengan ciri sebagai berikut: bahan : BC 150 gram isi 100 pcs PAS!! tidak kurang atau lebih seperti blangko yang lain jenis...