Minggu, 14 Mei 2023

"DON'T JUDGE A BOOK BY ITS COVER"

 "DON'T JUDGE A BOOK BY ITS COVER"

Pernyataan "Don't judge a book by its cover" berarti jangan menilai seseorang berdasarkan penampilannya atau kesan pertama saja. Konsep ini berkaitan dengan inferensi sosial, yaitu proses pengambilan kesimpulan atau penilaian terhadap orang lain berdasarkan informasi yang tersedia.

Dalam proses inferensi sosial, seseorang mengumpulkan informasi mengenai orang lain dan kemudian memproses informasi tersebut untuk mencapai suatu kesimpulan atau penilaian. Namun, terkadang informasi yang tersedia terbatas atau tidak lengkap, sehingga seseorang dapat membuat kesimpulan yang salah atau bias.

Contoh pengaplikasian konsep inferensi sosial adalah ketika seseorang bertemu dengan seseorang yang berpenampilan tidak menarik atau tidak biasa, seperti berpakaian ala punk atau bergaya goth. Tanpa mengumpulkan informasi lebih lanjut, seseorang dapat membuat kesimpulan yang salah bahwa orang tersebut adalah orang yang buruk atau tidak sopan. Padahal, kesimpulan tersebut dapat sangat jauh dari kenyataan.

Dalam hal ini, pernyataan "Don't judge a book by its cover" dapat diartikan bahwa seseorang tidak seharusnya mengambil kesimpulan atau membuat penilaian terhadap seseorang hanya berdasarkan penampilan fisik atau kesan pertama saja. Sebaliknya, seseorang sebaiknya mengumpulkan informasi lebih lanjut dan memproses informasi tersebut secara rasional sebelum membuat kesimpulan atau penilaian terhadap orang lain.

Tidak ada komentar:

Setting Blangko Undangan BU-03 (Be You)

Blangko ini dengan ciri sebagai berikut: bahan : BC 150 gram isi 100 pcs PAS!! tidak kurang atau lebih seperti blangko yang lain jenis...