Minggu, 14 Mei 2023

DEFINISI KOMUNIKASI INTERPERSONAL MENURUT DE VITO

DEFINISI KOMUNIKASI INTERPERSONAL MENURUT DE VITO

Seperti kita ketahui bahwa De Vito mengklasifikasikan definisi komunikasi interpersonal kedalam tiga hal yaitu componential, relational dyadic, dan developmental.

Menurut De Vito, komunikasi interpersonal dapat didefinisikan melalui tiga aspek yaitu componential, relational dyadic, dan developmental. Berikut adalah penjelasan untuk masing-masing definisi tersebut beserta contoh yang relevan:

  1. Componential: Definisi komunikasi interpersonal dari sudut pandang componential menekankan pada unsur-unsur yang terlibat dalam proses komunikasi. Komunikasi interpersonal dipandang sebagai proses komunikasi yang melibatkan empat unsur utama yaitu pengirim (sender), penerima (receiver), pesan (message), dan saluran (channel).

Contoh: Seorang pasien yang datang ke dokter untuk konsultasi kesehatan merupakan contoh dari komunikasi interpersonal yang melibatkan unsur-unsur componential. Dokter sebagai pengirim memberikan informasi tentang kondisi kesehatan pasien melalui pesan yang disampaikan melalui saluran komunikasi seperti kata-kata dan bahasa tubuh. Pesan tersebut diterima oleh pasien sebagai penerima yang kemudian memberikan feedback atau tanggapan terhadap pesan yang diterima.

  1. Relational dyadic: Definisi komunikasi interpersonal dari sudut pandang relational dyadic menekankan pada hubungan antara individu yang saling berkomunikasi. Komunikasi interpersonal dipandang sebagai proses interaksi antara individu yang saling terkait dalam suatu hubungan interpersonal.

Contoh: Seorang pasangan suami istri yang sedang berbicara tentang keinginan masing-masing dalam membeli sebuah mobil merupakan contoh dari komunikasi interpersonal yang melibatkan hubungan antara individu. Dalam komunikasi tersebut, kedua individu saling berinteraksi dan berkomunikasi dengan tujuan mencapai kesepakatan yang saling menguntungkan.

  1. Developmental: Definisi komunikasi interpersonal dari sudut pandang developmental menekankan pada aspek perkembangan hubungan interpersonal dalam jangka waktu yang panjang. Komunikasi interpersonal dipandang sebagai proses pembangunan hubungan interpersonal yang melalui tahapan-tahapan tertentu.

Contoh: Seorang mahasiswa yang baru saja bergabung dalam sebuah organisasi kemahasiswaan merupakan contoh dari komunikasi interpersonal yang melibatkan perkembangan hubungan interpersonal dalam jangka waktu yang panjang. Dalam hal ini, mahasiswa tersebut akan membangun hubungan interpersonal dengan anggota organisasi yang lain melalui proses komunikasi yang berlangsung dalam jangka waktu yang panjang. Melalui komunikasi interpersonal tersebut, mahasiswa tersebut akan mengembangkan hubungan interpersonal yang lebih kuat dengan anggota organisasi yang lain.



Tidak ada komentar:

IDE MEMBUAT IKLAN LAYANAN MASYARAKAT

  berikut adalah ide untuk iklan layanan masyarakat dalam bentuk video   Kampanye Anti Merokok: Video menampilkan perubahan positif da...